Senin, 21 Januari 2013

TERUMBU KARANG


apakah sebenarnya terumbu karang itu?? Terumbu karang merupakan sekumpulan hewan karang yang saling bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga. Kumpulan karang dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut polip, polip ini kemudian berkembang hingga jutaan dan terbentuklah struktur dasar dari terumbu karang. Di perairan indonesia yang notabene merupakan perairan tropis, karang dapat tumbuh subur karena suhu perairannya berkisar antara 21 – 29 derajat celcius, sementara bila di perairan yang suhunya lebih rendah pertumbuhan karang akan lebih lambat. Selain di perairan tropis, karang pun dapat tumbuh subur di perairan subtropis contohnya di jepang selatan dan florida amerika.
Terumbu karang di Nusantara
Sebagai negara maritim, indonesia memiliki kekayaan biota laut yang sangat beragam. salah satu kekayaan biota laut yang terdapat di indonesia adalah terumbu karang. Bahkan indonesia merupakan negara yang memiliki terumbu karang terkaya di dunia. Sekitar 85.200 km2 atau 18% dari seluruh terumbu karang di dunia yang jumlahnya 284.300 km2 berada di hamparan dalam samudra di indonesia. Negara kita ini memiliki 93 ribu km2 wilayah periran yang di dalamnya terdapat 4000 jenis hewan laut (ikan dan udang-udangan), 600 jenis batu karang, dan 2500 jenis moluska. Kita sebagai warga negara indonesia patut berbangga karena indonesia juga termasuk wilayah Coral triangel atau segitiga karang dunia yang menjadi pusat ekosistem keragaman laut di dunia. Raja ampat, papua barat merupakan kawasan penyumbang terumbu karang terbesar di indonesia dan sekaligus menjadi kepulawan dengan jenis terumbu karang terbanyak di dunia, yang memiliki hampir 500 lebih jenis karang dan 100 spesies ikan laut. Selain itu masih ada wilayah yang memiliki jenis terumbu karang yang banyak antara lain, Kepulawan derawan, kalimantan timur; Kep.wakatobi, Sultra; nusa penida,bali; yang masing-masing memiliki kekayaan terumbu karang yang tidak kalah bagus. Sayangnya, keberadaan terumbu karang di dunia khususnya di indonesia mulai teancam. Di indonesia saja persentase perusakan terumbu karang tiap tahunnya menunjukan kenaikan yang signifikan, dalam kurun waktu 4 tahun (2004-2008) 34% terumbu karang di indonesia berkondisi sangat buruk, dan ironisnya hanya 3 % terumbu karang yang dalam keadaan sangat baik.
Penyebab Kerusakan Terumbu karang
Kerusakan terumbu bisa terjadi karena faktor alam dan faktor manusia. Berikut penyebab kerusakan karang meliputi :
1.   Faktor alam, Misalnya hempasan ombak yang mematahkan karang atau ikan dan hewan laut lainya yang menjadikan karang sebagai mangsanya. Akan tetapi, regenerasi dan pertumbuhan karang menggantikan kerusakan ini.
2.   Pengendapan sedimen, Pengendapan yang berasal dari sedimen tanah yang tererosi karena penebangan hutan, sehingga tanah tersebut terbawa ke laut dan menutupi karang dari sinar matahari
3.       Aliran air yang tercemar, Aliran air yang sudah dicemari oleh limbah sisa pembuangan dapat lambat laun akan membuat karang mati. Bahan pencemar bisa berasal dari berbagai sumber, diantaranya adalah limbah pertanian, perkotaan, pabrik, pertambangan dan minyak.
4.    Global warming, Tingginya kadar karbondioksida menyebabkan suhu bumi semakin meningkat. Hal ini menyebabkan suhu peraitan pun ikut meningkat akibatnya pertumbuhan karang akan terganggu karena dibutuhkan suhu yang baik (21 – 29 derajat celcius) untuk mengoptimalkan pertumbuhan karang.
5.       Uji coba militer Latihan militer yang dilakukan sering tidak memperhatikan keadaan lingkungan sekitarnya. Pengujian bahan peledak dan radiasi nuklir memiliki potensi meningkatkan kerusakan terumbu karang serta menyebabkan mutasi pada terumbu karang.
6.  Eksploitasi yang berlebihan, Kebanyakan nelayan tidak mengerti pentingnya karan bagi kehidupan, sehingga eksploitasi besar-besaran sering dilakukan, penambangan terumbu karang tentu perlu di awasi karena dampaknya yang bisa menghancurkan bahkan menghilangkan spesias terumbu karang.
7.  Asal melempar jangkar Para nelayan bahkan perahu sewaan terkadang menambatkan jangkar di sembarang tempat. Jangkar yang di jatuhkan sembarangan dapat merusak terumbu karang.
Secara tidak sengaja mungkin kita sendiri bisa menjadi penyebab rusaknya terumbu karang, namun semoga dengan mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan terumbu karang kita bisa berinstropeksi diri dan lebih peduli terhadap terumbu karang.
Fungsi terumbu karang
1.       Pelindung ekosistem, Terumbu karang berfungsi sebagi pencegah terjadinya abrasi oleh energi gelombang.
2.       Habitat hewan laut, Terumbu karan merupakan tempat tinggal bagi berbagai jenis hewan laut, sehingga bila terumbu karang musnah maka berbagai spesies hewan lautpun akan ikut musnah dan punah.
3.       Sumber mata pencarian, Banyak orang yang menggantungkan hidupnya pada terumbu karang. Tentu saja mnjadikan terumbu karang sebagai sumber mata pencarian harus di ikuti dengan rasa tanggung jawab sehingga tidak terjadi eksploitasi yang terlalu berlebihan. Selain itu terumbu karang juga dapat menjadi objek wisata yang tentunya dapat menambah pundi-pundi rupiah dari wisatawan.
4.       Sebagai laboratorium alam untuk pendidikan dan penelitian.
masih banyak fungsi terumbu karang baik yang dapat kita lihat secara langsung maupun tidak. Dengan melihat manfaat besar yang terkandung dalam terumbu karang, masihkah kita memiliki pemikiran untuk merusak atau tidak peduli terhadap terumbu karang??
Tentu saja peran kehidupan terumbu karang sangat fital dalam kelangsungan hidup manusia. Setelah mengetahui apa saja fungsi dan penyebab kerusakan terumbu karang diharapkan kita dapat semakin menjaga dan melestarikan kehidupan terumbu karang.
Beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian terumbu karang adalah Menerapkan 3R yang atau Reduce, Reuse dan Recycle serta hemat energi, Global warming dapat merupakan salah satu penyebab kerusakan pada terumbu karang. untuk itu segala sesuatu yang kita lakukan untuk mencegah global warming dapat membantu kita melindungi terumbu karang. Cinta Kebersihan, dengan tidak membuang sampah atau limbah ke laut secara sembarangan. dan terakhir, Salah satu cara melestarikan terumbu karang ada bagi kita yang tinggal di tengah kota (jauh dari laut dan terumbu karang) tetap mencintai lingkungan kita dan selalu mendukung komunitas-komunitas masyarakat yang mencintai lingkungan khususnya terumbu karang. FORKOM MATABUKA atau Forum Komunikasi Masyarakat Pecinta Terumbu Karang merupakan salah satu wadah bagi setiap orang yang mencintai dan peduli terhadap lingkungan khususnya terumbu karang.  Sebaiknya kita harus mendukung komunitas tersebut dalam upaya melestarikan dan menjaga kehidupan terumbu karang. baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
Mari selamatkan terumbu karang sebelum mereka hilang!!!Top of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar