Kamis, 07 Februari 2013

Status Kesehatan Individu Menurut Notoatmodjo



Tingkat
Psikologis
Medis
Sosial
Normally
Pessimistic
Socially ill
Hypochondriacal
Medically ill
Martyr
Optimistic
Seriously
Baik
Sakit
Baik
Sakit
Baik
Sakit
Baik
Sakit
Baik
Baik
Baik
Baik
Sakit
Sakit
Sakit
Sakit
Baik
Baik
Sakit
Sakit
Baik
Baik
Sakit
Sakit

            Penggolongan status kesehatan di atas menunjukkan bahwa penilaian medis bukanlah merupakan satu-satunya kriteria yang menentukan tingkat kesehatan seseorang.
1.      Normally                     : sosial, psikologis, dan medis sehat.
2.      Pessimistic                   : medis dan sosial sehat, tetapi tetap menganggap dirinya sakit.
3.      Socially ill                    : medis dan psikologis sehat, tapi social sakit. Contohnya guru sekolah yang hamil di luar nikah.
4.      Hypochondriacal         : medis sehat, tapi psikologis dan social dianggap sakit. Mempunyai kekhawatiran berlebihan terhadap kesehatannya dan menampilkan diri sebagai orang sakit sehingga tidak mampu menjalankan peran sosialnya.
5.      Medically ill                : medis sakit, namun secara psikologis merasa dirinya sehat dan secara social mampu menjalankan peran. Contohnya seseorang yang ingin bermain bola tetapi kakinya sedang cedera sehingga tidak bisa bermain dan hanya bisa menonton saja.
6.      Martyr                         : secara sosial sehat, namun secara medis dan psikologis sakit. Misalnya, penderita AIDS.
7.      Optimistic                   : psikologis sehat, namun secara medis dan social sakit. Misalnya orang lansia yang masih ceria namun secara medis mengalami penyakit degenerative.
8.      Seriously                     : fisik, mental, dan social sakit.

Dalam kehidupan social, orang-orang yang tergolong “medically ill” dan “martyr” dapat lebih mudah diterima oleh anggota masyarakat sebab penyakit mereka tidak mengganggu interaksi social mereka. Sebaliknya, orang akan merasa terganggu bila berhubungan dengan “hypochondriacal” atau yan “socially ill”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar