Jumat, 16 November 2012

ENZIM

    Enzim adalah protein yang berfungsi mengkatalisis reaksi kimia pada makhluk hidup, enzim mengkatalisis perubahan satu atau banyak substrat menjadi satu atau banyak produk dengan kecepatan tinggi. Selain itu, enzim berguna untuk memotong nutrien untuk suplai nutrisi pada proses metabolisme dan menyusun protein, DNA dan membrane pada sel. Dan mekanisme kerja enzim yaitu berdasarkan pengelompo...
kkan enzim sehingga enzim bekerja secara spesifik dalam mengkatalisis perubahan satu atau banyak substrat dengan kecepatan tinggi.
    Bila tubuh kita tidak dapat memproduksi suatu enzim dapat mengakibatkan sakit karena suatu enzim sangat berguna bagi tubuh kita, proses metabolism akan terhambat, nutrisi yang akan masuk ke dalam tubuh akan mengalami gangguan sehingga tubuh dapat kekurangan nutrisi serta toksin. Toksin secara besar masuk ke dalam tubuh tanpa ada yang mengaturnya. Selain itu, penyusunan DNA akan terganggu yang akan mengakibatkan tubuh mengalami kerusakan genetik dan masih banyak lagi aktivitas tubuh yang akan terganggu apabila tubuh tidak dapat menghasilkan enzim.
    Bila berbuka puasa disarankan terlebih dahulu berbuka dengan kurma atau teh manis, tidak disarankan berbuka dengan makanan bersantan atau digoreng karena kurma atau teh manis mengandung glukosa yang dapat dengan cepat diubah menjadi energy yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan makanan bersantan atau gorengan mengandung karbohidrat dan lemak yang harus melalui proses yang panjang untuk menghasilkan glukosa kemudian diubah menjadi energi. Oleh karena itu, bila seseorang langsung memakan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak akan tetap lemas.
    Bila kita akan menurunkan berat badan, tidak disarankan diet protein karena protein/asam amino sangat diperlukan tubuh untuk proses menghasilkan energi, organ-organ dalam tubuh sangat memerlukan asam amino untuk proses metabolisme. Orang yang akan menurunkan berat badannya dan melakukan diet protein akan terlihat lemas dan pucat. Lebih disarankan untuk melakukan diet karbohidrat atau lemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar