Kamis, 22 November 2012

MACAM MACAM DATA

1). DATA KUANTITATIF VS DATA KUALITATIF
  •  Data Kuantitatif
Data yang dinyatakan dalam bentuk angka (data numerik).
  •  Data Kualitatif
Data yang dinyatakan dalam bentuk non-angka/non-numerik.

2). DATA MENTAH VS DATA OLAHAN
       Data mentah adalah data yang belum diolah atau data yang belum sempurna yang baru saja diambil dari penelitian tertentu. Sehingga belum bisa dilakukan pengukuran terhadap data tersebut dan belum dapat menghasilkan informasi yang jelas.
       Data olahan adalah data yang sudah diolah dimana data ini sebelumnya berasal dari data mentah yang kemudian menjadi data olahan karena telah dilakukan pengukuran dan berdasarkan fakta-fakta yang terjadi. Sehingga bisa menghasilkan informasi.

3). DATA PRIMER VS DATA SEKUNDER
  • Data Primer
Data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti sendiri. Terdapat beberapa metode pengumpulan data primer, antara lain:
1.      Wawancara langsung dengan responden.
2.      Wawancara tak langsung (melalui informan) ® penelitian tentang dampak minuman keras (peneliti mungkin kesulitan bertemu langsung dengan pemakai, jadi ia mungkin menghubungi tetangga, penjual miras, teman-teman si pemabuk).
3.      Dengan menggunakan angket (yang disebar atau melalui pos).

* Data Sekunder
Data yang dikutip dari sumber dokumentasi.
1.      Sumber data sekunder yang dipublikasi (data harga saham, harga komoditas dari surat kabar, majalah atau media elektronik)
2.      Sumber data sekunder yang tak dipublikasi (arsip pemerintah, lembaga lembaga penelitian, dsb.)

4).  PENGUKURAN VS PENGAMATAN
       Pengukuran atau measurement merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numerik. Pengukuran lebih bersifat kuantitatif, bahkan merupakan instrumen untuk melakukan penilaian. Unsur pokok dalam kegiatan pengukuran ini, antara lain adalah tujuan pengukuran, ada objek ukur, alat ukur, proses pengukuran, hasil pengukuran kuantitatif.
       Pengamatan adalah aktivitas yang dilakukan makhluk cerdas, terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian.

5). DATA DISKRIT VS DATA CONTINUE
1. Data diskrit: data hasil pencacahan dan berupa bilangan bulat (dalam komputer dikenal sebagai integer).
2. Data kontinyu: data hasil proses pengukuran dan dapat berupa bilangan pecahan (bilangan real).

6).  PENGUKURAN VS SIMULASI
       Pengukuran atau measurement merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numerik. Pengukuran lebih bersifat kuantitatif, bahkan merupakan instrumen untuk melakukan penilaian. pengukuran adalah proses menyebutkan dengan pasti angka-angka tertentu untuk mendiskripsikan suatu atribut empiris dari suatu produk atau kejadian dengan ketentuan tertentu.
       Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu.

SKALA PENGUKURAN
1.      Nominal
Contoh :  kota ( Kendari, Bandung, dll ), Jenis penyakit , Suku ( bugis, tolaki, dll ), Nomor KTP/SIM/Kartu Pelajar, Bulan ( september, april, dll )

2.      Ordinal
Contoh : jarak ( jauh, sedang, dekat ),  tekanan darah ( tinggi, normal, rendah ), kategori pengetahuan ( baik, sedang, kurang ),  tingkat keparahan penyakit, tingkat kesembuhan.

3.      Interval
Contoh : indeks prestasi, tingkat kecerdasan (IQ), tekanan darah, suhu badan, skor TOEFL.

4.      Rasio
Contoh :  jarak rumah, usia, waktu, panjang, dosis obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar